Jumat, 10 Agustus 2012


SISTEM KERJA MOTOR 2TAK

image
motor 2langkah atau motor 2tak adalah motor yang memerlukan 2 langkah piston dalam satu kali usaha
.
oke kita bedah yuk sistem kerjanya…
image
1.pemasukan/hisap
-langkah piston pertama
pada langkah ini piston bergarak dari titik mati bawah menuju ke titik mati atas.sebelum piston mencapai titik mati atas.terjadi kevakuman dalam ruang crankcase,piston membuka lubang pemasukan.seketika itu juga piston menghisap bahan bakar dari membran/lubang in”(terhubung dengan karburasi).sedangkan lubang bilas dan lubang buang tertutup oleh piston.
catatan:dalam ruang atau liner mesin 2tak memang terdapat lubang in(masuk),ex(buang)dan lubang bilas yang semua lubang itu ter tutup dan terbuka oleh sistem kerja piston (berbeda dengan mesin 4tak yang mempunyai kelep untuk menutup dan membuka)
image
2.kompresi dan usaha
-masih dalam perjalanan
piston pertama.
yaitu untuk mengakhiri perjalanan piston dari titik mati bawah menuju ke titik mati atas.ketika akan mencapai titik mati atas bahan bakar telah terjebak di ruang bakar inilah kompresi.kemudian bahan bakar yang terjebak di sulut oleh pentikan busi sehingga nenghasilkan ledakan dan terjadilah sebuah usaha.
image
3. buang
-langkah piston ke dua
bersamaan dengan langkah dari titik mati atas ke titik mati bawah karna ledakan hasil usaha,dalam perjalanan nya piston mengeluarkan bahan bakar,di saat itu pula ruang di bawah piston mengkompresi bahan bakar di crankcase(kompresi di crankcase ini disebut kompresi primer/sedangkan kompresi di ruang bakar disebut kompresi sekunder)
image
4.langkah pembilasan
-masih perjalanan piston ke dua
dalam mengakhiri perjalanan kedua nya piston mrmbuka lubang bilas (transfer).bahan bakar masuk menuju ruang bakar melalui lubang transfer pada dinding selinder karna ada tekanan kompresi ke bawah oleh piston.inilah yang di sebut langkah pembilasan.
itulah proses perjalanan mesin 2langkah atau 2tak yaitu dalam satu kali usaha melalui 2langkah kerja piston
dalam proses perjalanan nya pada saat setelah pembilasan lubang buang dan lubang transfer sama-sama terbuka,pada celah ini memungkinkan bahan bakar nyelonong(keluar) melalui lubang buang, inilah yang menyebabkan kan motor 2tak boros.
coba perhatikan kenalpot motor 2tak,pasti mengeluarkan oli.penyebabnya yaitu karna bahan bakar (bahan bakar motor 2tak bensin dan di campur dengsn pelumas/oli biasa disebut oli samping) ikut nylonong keluar melalui lubang buang/kenalpot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar