Jumat, 10 Agustus 2012


cara kerja kampas kopling ganda

image
gambar penampang kopling ganda
lanjut lagi ke pembahasan masin motor nih sob…setelah kemarin kita bahas sistem kerja motor 2tak dan seluk beluk mesin bisa jalan sekarang kita akan mengupas perjalanan mesin berikutnya...
setelah mesin bergerak atau melakukan sebuah usaha atau gaya yang berasal dari proses pergerakan piston,maka piston akan memutar poros engkol( crankshaft ) ,yang selanjutnya perputaran diteruskan ke kampas kopling ganda(proses ini berlaku pada motor tanpa kopling manual/kopling tangan).
nah disini akan ada sebuah proses kerja sehingga gaya putar akan bisa di lanjutkan ke roda gila atau fly wheel, mau tau cara kerjanya oke mari kita bahas bersama-sama….
di kampas kopling ganda ini ada dua komponen pokok,yaitu
image
gambar:rumah kopling dan kampas kopling ganda
1-clutch housing(rumah kopling)
rumah kopling ini berfungsi meneruskan putaran ke roda gila atau fly wheel.
2-clutch housing(sepatu kopling/kampas)
sepatu kopling ini akan memutus dan menghubungkan putaran dari poros engkol ke roda gila melalui rumah kopling.
nah….sampai disini dah paham pa belum sob????
anggap aja dah paham ya… :-) lanjut lagi yukkk..
sekarang kita ke cara kerja nya..
sepatu kopling atau kampas kopling ganda ini terhubung dengan poros engkol( crankshaft ).
disaat sepatu kopling ini mendapat gaya putar (dengan putaran tertentu), maka sepatu kopling ini akan terlontar.dengan putaran tinggi sepatu kopling akan menempel pada rumah kopling sedangkan dengan putaran rendah atau langsam sepatu kopling ganda ini tidak akan terlontar atau tidak menempel pada rumah kopling,proses ini biasa juga disebut gaya sentrifugal
bisa di simpulkan bahwa putaran mesin tidak akan terhubungkan bila putaran mesin dalam keadaan langsam.
nah sekarang ketauan kan sob kenapa motor bebek tanpa kopling manual/kopling tangan, tidak mati bila dalam posisi gigi persnel masuk dan putaran mesin dalam kondisi langsam.yaa…karna mesin otomatis tidak terhubung ke flyweel.berbeda pada motor yang full clutch/kopling tangan,apabila gigi persnel masuk sementara kopling dilepas maka mesin akan langsung mati bila putaran mesin langsam/tanpa di gas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar